Menghadapi Puasa Operasional Pasar Rakyat di Lamdingin ditunda Hingga Juni 2020

0
31

Banda Aceh  – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh menyatakan, operasional pasar rakyat terpadu total memiliki 539 kios atau lapak berjualan di Gampong (Desa) Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam digeser menjadi pertengahan bulan Juni 2020.

“Belum bisa kita operasionalkan dan relokasi pedagang dalam waktu dekat, apalagi bulan Maret sudah mendekati bulan puasa,” kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan tersebut diberikan beliau usia meninjau kesiapan pembangunan Pasar Terpadu Lamdingin bersama sejumlah anggota DPRK Banda Aceh, dan sejumlah pejabat terkait.

Aminullah menjelaskan alasan menggeser jadwal operasional pasar ini akibat relokasi ratusan pedagang tradisional di Pasar Peunayong, karena mempertimbangkan waktu semakin mendekati bulan puasa Ramadhan.

Pihaknya ingin memberi kesempatan kepada para pedagang di Pasar Peunayong dalam menjalankan aktivitasnya mengais rezeki terutama menghadapi bulan suci Ramadhan maupun hari raya Idul Fitri 2020.

Selain itu bentuk pertimbangan lainnya, ucap wali kota karena masih terdapat beberapa fasilitas pendukung suatu pasar yang perlu disempurnakan terlebih dahulu, seperti halaman dan area parkir.

Seperti diketahui, Pasar Terpadu Lamdingin berada di areal lahan seluas 2.000 meter persegi yang kini sedang tahap akhir proses pembangunan memiliki 539 kios atau lapak berjualan.

Di antaranya sebanyak 267 kios sudah terisi oleh pedagang Pasar Peunayong yang bakal direlokasi, dan sisanya 272 kios lagi kini masih dalam kondisi kosong.

“Setelah kita lakukan peninjauan hari ini untuk lima bangunan pasar disini, masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan. Artinya, untuk kita resmikan segera belum mungkin,” ungkap Aminullah.

Pihaknya telah meminta Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Perdagangan setempat agar dapat mengejar untuk menyempurnakan fasilitas di pasar tersebut dengan memberi waktu selama tiga bulan.

Ia mengaku, paling lambat pada pertengahan Juni 2020 telah dioperasikan. “Jadi pedagang sudah menempati pasar ini pertengahan Juni 2020, habis lebaran Idul Fitri,” kata Wali Kota Aminullah.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Banda Aceh, Muhammad Nurdin menyatakan segera menindaklanjuti arahan kepala daerah terkait penyempurnaan fasilitas di Pasar Terpadu Lamdingin.

“Mudah-mudahan di awal Junii, proses pindah itu akan dapat terlaksana dengan baik dan memberikan kenyamanan, baik kepada pedagang maupun masyarakat yang berbelanja di pasar terpadu ini,” jelas Nurdin. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here